Beranda | Buku/Sinopsis | Bab 1 | Bab 2 | Bab 3 | Bab 4 | Bab 5 | Daftar Referensi | Tentang Penulis | Beranda
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Abstract
East Timor is one of the arenas for U.S. foreign policy implementation. This matter seemed when Indonesia began to integrate the territorial to Republic of Indonesia,
the U.S. Government fully supported both politically and security
assistance. But when Ramos Horta – who supported by East Timor Action
Network (ETAN) that based in the USA – struggle for East Timor
independence, the U.S. Government gave widely opportunities for the
released of East Timor from Republic of Indonesia. This situation
occurred due to there was a changing on U.S. foreign policy in dealing with global threat and challenging which oriented to its national security. Teroris attact on 11 September 2001 has changed U.S. Foreign Policy globally. As a result the USA tried to recover bilateral relationship with Indonesia.
Key words:
Foreign policy, security assistance, global threat and challenge, national security.
1.2 Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat: Latar Belakang dan Implementasinya
Dalam
sejarahnya, AS yang pernah terlibat dalam perang saudara yang sangat
menyakitkan dan juga sebagai negara pemenang perang dunia I dan II,
sangat memperhatikan keamanan didalam negerinya (U.S. Homeland Security).
Untuk menjaga keamanan tersebut AS menerapkan politik luar negeri
ekspansionis, yang merupakan perwujudan doktrin maksimalisme:
Pada
kenyataannya adalah bahwa maksimalisme bukan suatu pemikiran baru dalam
sejarah politik Amerika. Pemikiran ini menekankan pada pencapaian
tuntutan dilakukan baik secara langsung atau revolusioner, tanpa
kompromi. Suatu kebijakan politik dipola mencapai terobosasn strategis
guna mentransformasikan suatu situasi yang mampu menopang pengaruh
Amerika secara berkesinambungan.[1]
Pernyataan
tersebut di atas dapat ditelusuri dari sejarah Amerika, bahwa politik
ekspansionis ini pada dasarnya telah diterapkan sejak dari terbentuknya
cikal bakal bangsa tersebut (John Winthrop dengan the city upon a hill) hingga terbentuknya negara (declaration of independence).
Dan politik ekspansionis ini nampaknya tidak akan pernah berhenti
bahkan hingga detik ini dan mungkin hingga masa yang akan datang.
Semangat ekspansionis bangsa Amerika yang ditunjukkan oleh John Winthrop dengan kotbahnya yang terkenal the city upon a hill tampak ketika Winthrop sebagai tokoh Puritan ingin mengembangkan kebebasan menjalankan ibadah agama didunia baru. Dengan mengantongi “charter” dari Raja Charles, ia melakukan pelayaran dengan kapal Arbella ke Dunia Baru sebagaimana yang tertera dalam tulisan yang dikompilasi oleh Paul Lauter (editor):
…
The charter, which granted the Massachusetts Bay Company the right to
settle in New England, is unique in that no provision was made for a
designated meeting place for the administration of the Company, thus
freeing it to establish a government in New England. The Company was
lucky to have been granted such a liberal charter, …[2]
Pada
tahun 1629, Winthop telah membentuk pemerintahan baru, ditempat baru
(New England) dengan komunitas orang-orang Puritan yang berjumlah
sekitar 400 orang. Untuk memotivasi para pengikutnya Winthrop dalam
pelayaran diatas kapal Arbella memberikan kotbah model ajaran Kristiani (A Model of Christian Charity) yang kemudian dikenal sebagai “the city upon a hill.” Inti
dari kotbah tersebut adalah mengajak para pengikutnya untuk berlayar
menuju tempat baru seperti yang difirmankan Allah kepada umat Israel.
Ditempat baru tersebut Allah menjanjikan kemuliaan dan kesejahteraan
bagi umatnya. Dengan kotbah tersebut Wintrop telah menanamkan sebuah
motivasi atau “imagi” kepada pengikutnya untuk membangun sebuah kota
diatas bukit yang berarti sebuah tantangan untuk membangun kejayaan yang
akan memancar keseluruh negeri yang berada dibawah bukit dimana kota
tersebut akan dibangun. Dan dengan imagi tersebut kemudian dijadikan
sebagai salah satu justifikasi dalam kegiatan ekspansi yang pertama kali
dilakukan oleh cikal bakal bangsa Amerika dengan semangat frontirnya
yang pantang menyerah.
Sementara ajaran ekspansi yang bisa ditarik dari semangat awal kemerdekaan (declaration of independence)
adalah rumusan deklarasi kemerdekaan Jefferson yang mengadopsi teori
kontrak pemerintahan ajaran John Locke sebagaimana dinyatakan oleh
Tindall:
…,
was an eloquent restatement of John Locke’s contract theory of
government, the theory in Jefferson’s words that governments derived
“their just Powers from the consent of the people,” who were entitled to
“alter or abolish” those which denied their “unalienable right” to
“life, Liberty, and the pursuit of Happiness.”…[3]
Dengan rumusan teks deklarasi kemerdekaan tersebut “the founding father” bangsa Amerika yang
secara turun temurun mewarisi “imagi” sebagaimana yang telah ditanamkan
oleh Winthrop telah meletakkan dasar-dasar bagi bangsa baru Amerika
dengan hak-hak “hidup, kebebasan, dan mengejar kebahagiaan.” Dengan
dasar-dasar inilah para pemimpin bangsa Amerika dari generasi ke
generasi mencari peluang untuk mengejar kebahagian kemanapun berada yang
kemudian melahirkan suatu ajaran ekspansionisme yang hebat “manifest destiny.”[4]
Bermula
dari ekspansi teritorial kemudian berlanjut dengan ekspansi ekonomi
demi menyejahterakan rakyatnya. Selanjutnya untuk mengamankan apa yang
telah diperoleh dari hasil-hasil ekspansi sebelumnya, maka AS berupaya
untuk melakukan ekspansi demokrasi. AS meyakini manakala demokrasi dapat
disebarkan dan diterapkan diseluruh dunia, maka dunia akan aman dan
damai, sehingga akan berdampak bagi terjaminnya keamanan didalam
negerinya.
Dalam
menjalankan politik luar negeri melalui penyebaran demokrasi, AS
meluncurkan program-program bantuan kepada negara-negara berkembang,
termasuk bantuan keamanan. Salah satu program bantuan keamanan dimaksud adalah U.S. Security Assistance. Dengan penyebaran demokrasi keseluruh penjuru dunia yang dilandasi oleh semangat manifest destiny, maka persoalan kepentingan nasional AS adalah identik dengan kepentingan globalnya.
Dengan
demikian bangsa Amerika memandang bahwa kepentingan nasional adalah
terutama ditujukan untuk memberikan rasa aman bagi warganegaranya. Dan
oleh karena itulah keamanan nasional merupakan bagian utama dari
kepentingan nasionalnya. Keamanan nasional tersebut benar-benar dijaga.
Salah satu upaya untuk menjaga keamanan nasional adalah
dengan cara ekspansi atau membuka hubungan kerjasama dengan
negara-negara lain dalam mengupayakan terciptanya dunia yang aman,
damai, dan sejahtera.
Bila
kita perhatikan, kepentingan nasional AS dijalankan sesuai dengan
konsep-konsep yang dikemukakan oleh beberapa orang ahli hubungan
internasional yang mendefinisikan bahwa kepentingan nasional suatu
bangsa akan terkait erat dengan masalah internal dan masalah eksternal. Hans J. Morgenthau menyampaikan pandangan tentang konsep kepentingan nasional sebagai berikut: The
concept of the national interest, then, contains two elements, one that
is logically required and in that sense necessary, and one that is
variable and determined by circumstances.[5]
Dengan
demikian konsep kepentingan nasional menurut Morgenthau pada dasarnya
terdiri dari dua elemen, yang pertama didasarkan pada pemenuhan
kebutuhan sendiri, dan yang kedua mempertimbangkan berbagai kondisi
lingkungan strategis disekitarnya. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan
sendiri, dapat di peroleh dengan cara melindungi kelangsungan hidup
bangsa dalam mempertahankan kedaulatan integritas wilayah nasional,
sistem politik, dan identitas budaya dari ancaman bangsa lain. Adapun
pertimbangan adanya berbagai kondisi lingkungan strategis adalah dengan
menjalankan kebijakan politik luar negeri melalui upaya diplomasi demi
terciptanya perdamaian dunia. Sementara Charles W. Kegley dan Eugene R.
Wittkopf menyatakan bahwa tujuan dari sebuah negara dalam rangka
mencapai kepentingan nasional adalah:
The
State should promote the internal welfare of its citizens, provide for
defense against external aggression, and preserve the state’s values and
way of life. … No country can long afford to pursue its own welfare in ways that reduce the security and welfare of its competitor. [6]
Charles
W. Kegley dan Eugene R. Wittkopf menyatakan bahwa kepentingan nasional
dari sebuah negara hendaknya tidak hanya didasarkan pada upaya
meningkatkan kesejahteraan internal bagi setiap warganegaranya,
menyediakan pertahanan terhadap agresi dari luar, dan melindungi
nilai-nilai negara dan falsafah hidup. Lebih jauh mereka juga menyatakan
bahwa tidak mungkin sebuah negara dapat mencapai kepentingan
nasionalnya dengan mengurangi keamanan dan kesejahteraannya terhadap
kompetitornya. Dan untuk mencapai tujuan nasional seperti yang
diharapkan maka setiap negara harus mengkaitkan kepentingan nasionalnya
melalui upaya kerjasama dengan banyak bangsa dalam rangka menciptakan
kesejahteraan dan keamanan global.
Terkait
hal tersebut di atas setiap negara selalu berupaya melakukan kerjasama
dengan negara lain, baik dalam bentuk kerjasama bilateral maupun
multilateral. Untuk merealisasikan kerjasama tersebut diperlukan
kebijakan luar negeri yang dimaksudkan sebagai alat diplomasi dalam
rangka menjamin dan mengembangkan kepentingan nasionalnya. Dengan
demikian terdapat kaitan yang sangat erat antara kepentingan nasional
dengan kebijakan luar negeri suatu negara.
Dalam
konteks ini dua orang peneliti kebijakan luar negeri menarik korelasi
yang begitu erat dengan kepentingan nasional, antara lain dinyatakan
bahwa kebijakan luar negeri suatu negara sudah seharusnya didasarkan
pada beberapa sumber yang mengacu pada berbagai bentuk kepentingan
nasionalnya. Dalam tulisan mereka disebutkan bahwa kebijakan luar negeri
suatu negara yang paling pokok adalah didasarkan pada kepentingan
nasional yang dianggap fundamental (mutlak). Jenis kepentingan nasional yang dianggap mutlak tersebut adalah kelangsungan hidup (survival) bangsa tersebut dan integritas wilayah nasionalnya. The
most fundamental of source foreign policy objectives is perhaps the
universally shared desire to insure the survival and territorial
integrity of the community and state.[7] Atau dengan kata lain, keamanan nasional ditempatkan pada skala prioritas yang paling tinggi.
Selanjutnya
kebijakan luar negeri harus didasarkan pula pada sumber kepentingan
nasional lainnya yang dianggap sangat penting (vital). Kepentingan
nasional yang termasuk dalam kelompok ini adalah kepentingan nasional
terkait dengan kepentingan ekonomi bangsa tersebut dan dalam upaya
penerapan sistem demokrasi yang mampu mengakomodasi kepentingan individu
maupun kelompok ekonomi/bisnis.
…
the most important set of domestic sources of foreign policy are the
economic needs of the community. … It is important to emphasize that
economic needs are fundamental sources of a state’s foreign policy. …
there are strong pressures generated in the state’s political system to
satisfy individual or group economic needs through foreign policy. [8]
Selanjutnya
kebijakan luar negeri suatu negara seyogianya juga didasarkan pada
sumber kepentingan nasional lainnya yang sifatnya tidak begitu
signifikan. Dengan kata lain kepentingan nasional seperti ini lebih
bersifat sebagai pendukung. Yang masuk dalam kelompok ini antara lain
adalah yang menyangkut upaya memelihara akar budaya dan ideologi sebagai
indentitas yang dapat dijadikan sebagai kebanggaan dalam percaturan
internasional dan perhatian bangsa tersebut terhadap terciptanya
perdamaian dunia sebagai kewajiban moral yang harus dipenuhi.
Another
major domestic sources of foreign policy is what we might call the
political needs of a state and its leader… Still another major domestic
sources of foreign policy is the cultural, psychological, and/or
ideological needs of the state for prestige and status in the world:
identity or meaning in life, needs for fulfillment of religious or
sacred ideological imperatives, need to follow moral principles of
fulfill obligation… [9]
Bagaimana
sejatinya Amerika Serikat menyikapi hubungannya dengan Indonesia
dikaitkan dengan kepentingan nasionalnya? Menarik untuk dicermati,
khususnya dalam kaitan dengan dukungan AS dan sekaligus ditariknya
dukungan AS terhadap Indonesia terkait dengan peristiwa Timor Timur.
Dapat dikatakan bahwa Timor Timur menjadi salah satu arena bagi
penerapan kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Hal ini tampak pada
saat Indonesia mulai mengintegrasikan wilayah tersebut ke NKRI,
pemerintah AS memberikan dukungan penuh, baik politis maupun security assistance. Namun ketika tokoh komunis Ramos Horta – yang didukung oleh East Timor Action Network (ETAN) yang
berbasis di AS – memperjuangkan kemerdekaan Timor Timur, pemerintah AS
memberi peluang yang sangat luas bagi lepasnya Timor Timur dari NKRI.
Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan kebijakan AS dalam menghadapi
ancaman dan tantangan global yang berorientasi pada keamanan
nasionalnya. Situasi sebagaimana tersebut di atas tidak dapat dilepaskan
dari nilai “pragmatisme” Amerika, yang acap kali menimbulkan
kontroversi dalam percaturan politik internasional.
…
Pragmatisme Amerika secara politis sejiwa dengan azas demokrasi liberal
yang juga memiliki ciri-ciri yang selaras dengan orientasi pragmatisme,
yakni azas manfaat. Agaknya demokrasi liberal Amerika memberikan tempat
bagi pragmatisme sehingga menampilkan cara perilaku yang inkonsisten
dan penuh paradok.[10]
Pragmatisme
Amerika semakin terbukti, ketika ancaman terorisme global kembali
menghantui keamanan nasionalnya dengan adanya serangan 11 September 2001
yang dilakukan oleh kelompok Islam radikal. Kebijakan luar negeri
Amerika kembali berubah. Indonesia kembali diperhitungkan perannya
sebagai negara yang berpenduduk muslim terbesar didunia. Apalagi setelah
Indonesia memasuki era reformasi, dimana demokratisasi sistem
pemerintahannya direalisasikan. Dengan keberhasilan penerapan sistem
demokrasinya, Indonesia bahkan dinilai sebagai negara demokrasi terbesar
ketiga didunia yang berpenduduk muslim terbesar. Perubahan kebijakan
politik ini ditandai dengan pencabutan embargo dan U.S. Security Assistance
kembali diberikan. Pemulihan hubungan bilateral kembali dilakukan. Dan
sepertinya akan berpuncak pada penandatanganan sebuah dokumen penting comprehensive partnership agreement atau joint declaration on comprehensive partnership antara
kedua kepala pemerintahan dengan adanya kunjungan presiden Obama ke
Indonesia pada medio Maret 2010. Sebuah momentum baru bagi hubungan
bilateral kedua bangsa setelah memasuki usia yang 61.
1.3. Kerangka Penulisan
BAB
1: Pendahuluan. Pada bab ini penulis menyampaikan Intisari (Abstrak),
Latar belakang dan Implementasi Kebijakan Luar Negeri AS dan Kerangka
Penulisan.
BAB
2: Kebijakan Kawasan Politik Luar Negeri AS dalam Politik Pembendungan.
Pada bab ini penulis menguraikan tentang Penerapan Kebijakan Politik
Luar Negeri AS di kawasan Asia Pasifik dan Asia Tenggara; U.S. Security Assistance, termasuk jenis-jenis bantuan yang diberikan kepada Indonesia dan kepentingan AS dalam memberikan Security Assistance kepada negara penerima bantuan; serta berbagai ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah AS bagi setiap negara penerima bantuan.
BAB 3: Kebijakan AS terhadap Penyatuan Timor Timur dengan Indonesia. Pada bab ini diuraikan lebih lanjut tentang kepentingan AS dalam memberikan bantuan (U.S. Security Assistance) kepada Indonesia. Selanjutnya juga disinggung tentang arti penting U.S. Security Assistance bagi Indonesia. Dibahas pula tentang adanya keselarasan kepentingan nasional kedua belah pihak terkait dengan adanya U.S. Security Assistance ini; selanjutnya dikaitkan pula dengan peran U.S. Security Assistance dalam mendukung upaya Indonesia mengintegrasikan Timor Timur ke dalam NKRI.
BAB
4: Paradoksal Kebijakan Bantuan AS terhadap Indonesia. Pada bab ini
disoroti sikap AS terhadap upaya-upaya Timor Timur dalam memperoleh
kemerdekaannya. Disoroti pula tentang ditariknya dukungan politis AS
terhadap integritas NKRI, di mana Timor Timur ada di dalamnya.
Selanjutnya dibahas pencabutan U.S. Security Assistance terhadap
Indonesia, atau lazim disebut dengan istilah embargo. Kebijakan embargo
ini diterapkan pasca berlangsungnya jajak pendapat terhadap kemerdekaan
Timor Timur (1999) yang berakhir dengan kerusuhan yang diindikasikan
terjadi pelanggaran HAM berat yang melibatkan TNI; erta bagaimana sikap
AS terhadap Indonesia paska serangan teroris 11 September 2001.
BAB
5: Kesimpulan. Dalam bab ini disampaikan kesimpulan secara komprehensif
tentang adanya perubahan kebijakan AS dalam pemberian security assistance pada
saat proses integrasi dan pelepasan Timor Timur dari wilayah NKRI,
serta bukti bahwa kebijakan luar negeri AS tidak dapat dilepaskan dari
kepentingan nasionalnya.
Beranda | Buku/Sinopsis | Bab 1 | Bab 2 | Bab 3 | Bab 4 | Bab 5 | Daftar Referensi | Tentang Penulis | Beranda
[1] Alfian Muthalib, “Politik Luar Negeri Maksimalis Amerika,” Nation, PPSN, volume 5, no. 1 (2008): 111.
[2] Nicholas D. Romber, Jr., “John Winthrop 1588 – 1649, ” in The Heath Anthology of American Literature, vol.1, 2nd ed, ed. Paul Lauter (Lexington: D.C. Heath and Company, 1994), 224.
[3] George Brown Tindall, America a Narative History, vol.1 (New York, London: W.W.Norton & Company, 1984), 201.
[4] Tentang ajaran ekspansionis “manifest destiny,” Tindall dalam buku America A Narative History pada halaman 512 antara lain menyatakan bahwa pada tahun 1845 John Louis O’Sulivan, editor the United States Magazine and Democratic Review, memberikan istilah “Manifest Destiny” bagi semangat juang kaum penjelajah yang bergerak dari wilayah Timur ke wilayah Barat benua Amerika (Westward Movement).
[5] Hans J. Morgenthau, “Another “Great Debate”: The National Interest of the United States,” in Classics of International Relation, 3rd ed, ed. John A. Vasquest (New Jersey: Prentice Hall, 1966), 147.
[6] Charles J. Kegley and Eugene R. Wittkopf, World Trend and Transformation Politics, 8th ed (Boston: Bedford/St. Martin’s, 2001), 653 – 54.
[7] Keith R. Legg and James F. Marison, “The Formulation of Foreign Policy,” in Perspective on World Politics, 2nd ed, ed. Richard Little & Michael Smith (London: Croom Helm in association with Open University Press, 1992), 62.
[8] Ibid.
[9] Ibid., 62-63.
[10] Albernine Minderop, Pragmatisme Amerika: Di Bawah Bayang-bayang C. Pierce, W. James, J. Dewey (Jakarta: Obor, 2005), 105.
Beranda | Buku/Sinopsis | Bab 1 | Bab 2 | Bab 3 | Bab 4 | Bab 5 | Daftar Referensi | Tentang Penulis | Beranda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar